Diberdayakan oleh Blogger.

Mohon Tuan, Saya Ingin Lebih Banyak ... Materi Domain Publik

Charles Dickens dikatakan sebagai novelis paling produktif di dunia, namun sebagian besar karyanya relatif tidak dikenal oleh masyarakat umum, terutama yang ditulisnya dengan nama pena Boz. Judulnya yang paling populer, Oliver Twist, A Christmas Carol, A Tale of Two Cities, Great Expectations, telah diceritakan kembali berkali-kali dalam buku, skrip, drama teater dan film, dan semuanya sekarang dalam domain publik. Karya-karya ini sangat populer sehingga telah diterbitkan ulang oleh banyak penerbit yang berbeda yang belum pernah mereka cetak.

Sebagai pemilik bisnis yang ingin menambahkan produk baru ke inventaris Anda, baik itu online atau offline, Anda tidak dapat melewati materi domain publik. Dengan biaya ‘hampir gratis’, Anda akan tergila-gila untuk memberikannya sebuah kesalahan.

Seperti contoh di atas, beberapa cerita adalah klasik abadi, klasik yang akan dijual dari tahun ke tahun, dalam berbagai format dan versi. Ini mungkin merupakan jenis produk yang tepat untuk bisnis Anda. Ada begitu banyak karya domain publik di luar sana yang pada dasarnya Anda tidak akan pernah kehabisan bahan untuk mempublikasikan. Dan Anda kemungkinan besar akan menemukan banyak manuskrip yang akan melengkapi produk Anda yang sudah ada.

Aturan praktis yang baik untuk diikuti adalah memeriksa bahwa naskah asli diterbitkan sebelum tahun 1923 di Amerika Serikat (negara lain mungkin memiliki undang-undang hak cipta yang berbeda sehingga Anda mungkin perlu memeriksa ini dengan pengacara hak cipta). Anda harus selalu mendapatkan sertifikat izin hak cipta untuk setiap dokumen domain publik yang akan Anda publikasikan. Ini dapat menyelamatkan Anda dari banyak kerepotan hukum di kemudian hari jika ada yang mencoba untuk menolak hak Anda untuk mempublikasikan ulang karya tersebut.

Buku-buku domain publik dan materi lainnya dapat ditemukan di banyak tempat, dengan kemungkinan besar adalah toko buku bekas. Sebagian orang sangat menikmati proses ini; menemukan permata tersembunyi di antara ribuan novel-novel tua Mills dan Boon roman yang compang-camping.

Meskipun, dengan munculnya Internet, proses ini menjadi semakin mudah diakses oleh semua orang. Sekarang ada banyak situs web yang mempublikasikan materi domain publik yang dapat diakses secara bebas, dan bahkan beberapa situs keanggotaan yang benar-benar menemukan materi untuk Anda.

Jika Anda membuat perubahan substansial pada materi, yaitu, membuat perubahan yang cukup yang membuat versi baru tidak dapat dikenali dari aslinya, Anda bahkan dapat mengklaim hak cipta yang baru dengan diri Anda sendiri sebagai penulisnya.

Ketika Dickens memopulerkan novel serial, Anda juga bisa mempublikasikan serial setelah serial materi publik.

Baca juga artikel saya yang lain tolong jangan membeli apapun dari saya untuk anda yang ingin menambah wawasan bacaan anda.

0 komentar:

Posting Komentar